Berinvestasi dalam emas, apakah menguntungkan?

update harga emas antam hari ini – Secara historis, emas telah memainkan peran penting dalam perekonomian banyak negara. Meskipun tidak lagi menjadi bentuk mata uang utama, emas masih merupakan investasi jangka panjang yang solid dan …

emas inves

update harga emas antam hari iniSecara historis, emas telah memainkan peran penting dalam perekonomian banyak negara. Meskipun tidak lagi menjadi bentuk mata uang utama, emas masih merupakan investasi jangka panjang yang solid dan dapat menjadi tambahan portofolio yang berharga, terutama di pasar bearish.

Emas dianggap sebagai mata uang universal selama ratusan tahun. Karena nilainya yang diakui di seluruh dunia, emas telah digunakan sebagai standar emas sejak Kekaisaran Bizantium lebih dari 1.500 tahun yang lalu. Sampai saat ini, sebenarnya emas digunakan sebagai mata uang cadangan dunia.

Pada tahun 1944, setelah penandatanganan Perjanjian Bretton Woods, dolar menggantikan emas sebagai mata uang cadangan dunia. Tetapi bahkan setelah perjanjian ini, emas terus digunakan untuk mendukung mata uang nasional berbagai negara. Namun, pada tahun 1971, Richard Nixon menyingkirkan standar emas di AS, dan negara lain segera menyusul. Tentunya saat ini Anda bertanya pada diri sendiri pertanyaan ini: Apakah menguntungkan berinvestasi emas? Kami akan mencoba memberikan jawaban kepada Anda melalui artikel ini.

Keuntungan emas sebagai investasi

Kerugian berinvestasi emas

Kapan berinvestasi emas?

Berapa persentase emas yang harus dimiliki portofolio?

Bagaimana Anda bisa berinvestasi dalam emas?

Keuntungan emas sebagai investasi

Meskipun tidak lagi menjadi mata uang utama di negara maju, emas tetap menjadi investasi populer karena sejumlah alasan.

Likuiditas. Emas dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai di mana saja di dunia. Terlepas dari uang tunai yang sebenarnya, likuiditas dan keserbagunaan emas tidak tertandingi.

Itu mempertahankan nilainya. Emas cenderung mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu. Ekonom menganggap bahwa bahkan harga emas tidak menunjukkan nilainya. Artinya, meski harganya turun, nilai dasar emas tidak banyak berubah. Ini terutama karena ada jumlah emas yang tetap karena merupakan komoditas, sedangkan dolar AS, yang merupakan bentuk mata uang fiat, tidak memiliki nilai yang melekat.

Lindung nilai terhadap inflasi. Nilai emas meningkat ketika inflasi terjadi. Karena emas dihargai dalam euro, setiap penurunan euro secara logis akan menyebabkan harga emas lebih tinggi. Akibatnya, selama masa inflasi, emas menawarkan investasi yang jauh lebih stabil daripada uang tunai.

Leave a Comment